Judul Usulan Proyek Social Entrepreneurship |
Penomoran dan Pendataan Buku - Buku Perpustakaan TK /
SD Kristen Eleos
Diajukan dalam Rangka
mata Kuliah Sistem Informasi Perpustakaan
untuk dilaksanakan sebagai Program Service Learning
Diusulkan oleh :
|
LEMBAR PENGESAHAN
- Judul Proyek SE : Penomoran dan Pendataan Buku - Buku Perpustakaan TK / SD Kristen Eleos
- Lokasi : TK / SD Kristen Eleos
- Penanggung Jawab (ketua Kelompok) :
Nama :
Michael Lewi
Santoso
Alamat : Petemon 1 /114
Telepon/HP :
081703849887
e-mail :
lewisantosomichael@yahoo.com
- Lembaga Pengusul : Jurusan Teknik Informatika
- Lembaga/institusi mitra : ( jika ada sponsor)
Nama Lembaga :
Penanggung Jawab :
Alamat & Telp/Fax :
Bidang Kerja/Usaha :
- Jumlah Mahasiswa : 2 (orang)
- Nama-nama anggota ( + nrp) : William Suryadi Leman (26407031)
- Nama Mentor ; Ibu Arlinah
- Nama Co Mentor :
- Biaya yang Diusulkan : Rp 500.000,00
- Periode Pelaksanaan : April 2012 s/d Juni 2012
Surabaya,
.........................................
|
Penanggung Jawab (ketua
Kelompok)
|
(...........................................................)
|
Mengetahui/Menyetujui
|
Mengetahui/Menyetujui
|
Mentor
|
Co Mentor
|
(.........................................................)
|
(.........................................................)
|
|
I. Deskripsi Kegiatan
Judul
Lokasi
Bidang Kegiatan Program Social
Entrepreneurship
Latar belakang
Tujuan
Hasil Yang Diharapkan
Lingkup Program Social Entrepreneurship
1.
Kelompok Sasaran
2. Jenis
Pemberdayaan secara specifik
Perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi Partisipatif Social Entrepreneurship
1. Persiapan Pembekalan
2. Tindakan Pelaksanaan
3. Monitoring Dan Evaluasi Program
Rencana
Keberlanjutan Program
Pembiayaan
II.
Lampiran
1. Rincian Pembiayaan
|
A. Judul
Penomoran dan Pendataan Buku - Buku Perpustakaan TK / SD Kristen Eleos
B. Lokasi
Kutisari Indah Utara II/59
C. Bidang Kegiatan Program Social Entrepreneurship
pilih dan lingkari salah satu yang sesuai:
- Pemberdayaan terkait Nilai-nilai LIGHT
- Pemberdayaan terkait Green Living Habit ( Daur Ulang)
- Pemberdayaan terkait ITCC
D. Latar Belakang (why)
Sebuah perpustakaan yang
sehat paling tidak memiliki sebuah sistem. Sistem tersebut meliputi Inventory, Cataloging, Classification,
Labeling, dan Repairing / Weeding. Kami
mahasiswa jurusan informatika yang sedang mengikuti matakuliah Sistem Infomasi
Perpustakaan berkesempatan untuk meninjau berbagai macam perpustakaan yang ada
di sekitar Universitas Kristen Petra. Tepatnya, kami menemukan perpustakaan
kecil yaitu di perpustakaan SD Kristen Eleos. Sekolah ini bertempat di Jl.
Kutisari Indah Utara II / 59 Surabaya. Kami sudah beberapa kali meninjau atau
mengadakan observasi ke tempat tersebut. Yang kami dapatkan adalah meskipun
perpustakaan tersebut kecil tapi mereka sudah mengikuti sistem – sistem yang
ada pada sebuah perpustakaan.
Rumusan masalah :
1.
Kurangnya tenaga kerja di SD Kristen Eleos.
2. Kurangnya perhatian yang khusus untuk menjaga perpustakaan.
3. Belum adanya penomoran / pelabelan pada buku – buku.
Pemecahan masalah yang
dihadapi adalah, kami akan membantu untuk beberapa waktu di sana sehingga dapat
membantu memberikan pelabelan pada buku – buku yang belum dilabelin dan juga
kami akan sedikit membantu merenovasi / melakukan kegiatan yang menunjang
perpustakaan agar terlihat menarik dan para siswa dapat nyaman membaca di
perpustakaan.
E. Tujuan (What)
Uraian capaian yang menjadi tujuan/target program Service Learning: (contoh)
1.
Meningkatkan kepedulian siswa dan para guru untuk
perpustakaan.
2.
Membuat siswa di sekolahan tersebut nyaman dengan perpustakaan
yang mereka punya.
F. Hasil Yang Diharapkan (what)
Setiap kegiatan pasti akan menghasilkan sebuah hasil. Dalam kegiatan
Service Learning ini, kami berharap bahwa SD Kristen Eleos akan selalu menjaga
perpustakaan agar perpustakaan tersebut nyaman bagi siswa – siswa yang ingin
membaca disana dan juga aga perpustakaan tersebut walaupun tempat dan fasilitas
yang masih minim tetapi mereka dapat memenuhi kebutuhan siswa dalam hal koleksi
buku. Karena kami rasa jaman sekarang pembelajaran secara metode visual lebih
dapat membantu siswa – siswa Sekolah Dasar (SD) untuk belajar terutama dengan
gambar. Adapun juga kami berharap, meskipun sekolahannya tidak sebagus sekolah
– sekolah lain tetapi guru – guru yang berada di SD Kristen Eleos ini bisa
menghargai tempat dimana mereka mengajar sekarang.
G. Lingkup Program Social
Entrepreneurship
1. Kelompok
Sasaran (who)
a.
Siswa SD
·
Jenis Kelamin
ü Pria : ± 20 orang
ü Wanita : ± 20 orang
b. Guru
·
Jenis Kelamin
ü Pria : ± 5 orang
ü Wanita : ± 5 orang
2. Jenis
Pemberdayaan secara specifik ( salah satu nilai LIGHT, daur ulang apa, ITCC
terkait apa)
Kegiatan ini termasuk pemberdayaan salah satu nilai LIGHT
Kegiatan ini termasuk pemberdayaan salah satu nilai LIGHT
H. Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi partisipatif Service Learning
1. Persiapan
dan Pembekalan
a. Mekanisme
pelaksanaan kegiatan Service Learning :
·
Melakukan observasi
·
Merumuskan masalah yang ada
·
Mencari pemecahan masalah
·
Mengimplementasikan pemecahan masalah
b. Materi
Persiapan dan pembekalan Service Learning yang perlu
diberikan kepada mahasiswa.
·
Dewey Decimal Classification
·
Library of Congress Classification System
2.
Pelaksanaan
a. Langkah
– langkah yang dilakukan demi menunjang tema yang diangkat :
·
Mengumpulkan
buku – buku yang belum ada labelnya.
·
Mengelompokan
buku – buku tersebut berdasarkan “Library
of Congress Classification System”.
·
Memberikan
label dengan metode “Dewey Decimal
Classification”.
1) Metode yang
digunakan :
·
Library of
Congress Classification
·
Dewey Decimal
Classification
3.
Monitoring dan Evaluasi Program
Jelaskan mekanisme dan konsep,
serta alat monitoring serta evaluasi pelaksanaan program Social
Entrepreneurship, untuk mengukur perkembangan dan melihat keberhasilan program.
Entrepreneurship, untuk mengukur perkembangan dan melihat keberhasilan program.
Contoh : alat
ukur
No.
|
Program
|
Waktu Monitoring & Evaluasi
|
Indikator Keberhasilan yang akan diukur
|
Catatan Perkembangan kegiatan
|
Status akhir
hasil pemantauan dan keterangan
|
(Pengukuran dan pengamatan
apa dan bagaimana dari komponen indikator keberhasilan yang dilakukan pada
monitoring/evaluasi)
|
(tampilkan data hasil
pengukuran & pengamatan)
|
||||
dst.
|
I. Rencana Keberlanjutan Program
Rencana
keberlanjutan progam yang akan kami rancangkan yaitu, meninjau perpustakaan SD
Kristen Eleos 2 bulan 1 kali dengan tujuan memberikan follow up kepada pengurus SD Kristen Eleos itu perihal melestarikan
kegiatan perpustakaan.
J. Pembiayaan
Uraikan sumber dan jumlah dana yang digunakan, rencana pengeluaran, dan
rincian pembiayaan (lampiran 1).
Lampiran 1.
Rincian Pembiayaan (contoh)
Uraian Kegiatan |
NamaSatuan
|
Jumlah sat
(Rp)
|
Vol.
|
Jumlah
(Rupiah)
|
Kontribusi
|
||
Mahasiswa peserta
|
Fak/ Jur/ PS
|
Mitra Kerjasama
|
|||||
I. PERSIAPAN
|
|||||||
1. pertemuan kelompok dan mentor
|
|||||||
2. Sosialisasi ke masyarakat
pengguna
program Social Entrepreneurship
|
|||||||
3. Persiapan perlengkapan
|
|||||||
4. persiapan rencana kerja
|
|||||||
5. .........dst
|
|||||||
SUB TOTAL I
|
|||||||
II. PELAKSANAAN PROGRAM
|
|||||||
1. Pembelian Alat Peraga dan pelaksanaan tema
|
|||||||
2. Akomodasi mahasiswa
|
|||||||
3...........dst
|
|||||||
SUB TOTAL II
|
|||||||
III. PELAPORAN
|
|||||||
1. Laporan Observasi |
|||||||
2. Laporan Antara |
|||||||
3. Laporan Akhir |
|||||||
SUB TOTAL III |
|||||||
TOTAL
|