Kamis, 05 April 2012

Progam Service Learning


Judul Usulan Proyek Social Entrepreneurship





Penomoran dan Pendataan Buku - Buku Perpustakaan TK / SD Kristen Eleos
















Diajukan dalam Rangka
mata Kuliah Sistem Informasi Perpustakaan
untuk dilaksanakan sebagai Program Service Learning







Diusulkan oleh :



Penanggung Jawab ( ketua Kelompok)
Michael Lewi Santoso
 
 







LEMBAR PENGESAHAN

  1. Judul Proyek  SE                                              : Penomoran dan Pendataan Buku - Buku Perpustakaan                                                                                                  TK / SD Kristen Eleos
  2. Lokasi                                                                   : TK / SD Kristen Eleos
  3. Penanggung Jawab (ketua Kelompok)   :  
Nama                                                                   :  Michael Lewi Santoso
Alamat                                                                :  Petemon 1 /114
Telepon/HP                                                       :  081703849887
e-mail                                                                    :  lewisantosomichael@yahoo.com
  1. Lembaga Pengusul                                         :  Jurusan Teknik Informatika
  2. Lembaga/institusi mitra                               : ( jika ada sponsor)
Nama   Lembaga                                              :
Penanggung Jawab                                         :
Alamat & Telp/Fax                                       :
Bidang Kerja/Usaha                                      :
  1. Jumlah Mahasiswa                                         :  2 (orang)
  2. Nama-nama anggota ( + nrp)                      : William Suryadi Leman (26407031)
  3. Nama  Mentor                                                 ;  Ibu Arlinah
  4. Nama Co Mentor                                            :
  5. Biaya yang Diusulkan                                    :     Rp 500.000,00
  6. Periode Pelaksanaan                                      : April 2012 s/d Juni 2012

Surabaya, .........................................
Penanggung Jawab (ketua Kelompok)


(...........................................................)


Mengetahui/Menyetujui
Mengetahui/Menyetujui
Mentor
Co Mentor



(.........................................................)



(.........................................................)


DAFTAR ISI

 
 



I.        Deskripsi Kegiatan

Judul
Lokasi
Bidang Kegiatan Program Social Entrepreneurship
Latar belakang
Tujuan
Hasil Yang Diharapkan
Lingkup Program Social Entrepreneurship
1.        Kelompok Sasaran
2.       Jenis Pemberdayaan secara specifik
      Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Partisipatif Social Entrepreneurship
1.  Persiapan Pembekalan
2.  Tindakan Pelaksanaan
       3.  Monitoring Dan Evaluasi Program
        Rencana Keberlanjutan Program
Pembiayaan

II.     Lampiran
1. Rincian Pembiayaan




DESKRIPSI  KEGIATAN

 
 
A. Judul
                Penomoran dan Pendataan Buku - Buku Perpustakaan TK / SD Kristen Eleos

B. Lokasi

                Kutisari Indah Utara II/59

C. Bidang Kegiatan Program Social Entrepreneurship


pilih dan lingkari salah satu yang sesuai:

  1. Pemberdayaan terkait Nilai-nilai LIGHT
  2. Pemberdayaan terkait Green Living Habit ( Daur Ulang)
  3. Pemberdayaan terkait ITCC


D.     Latar Belakang  (why)

        Sebuah perpustakaan yang sehat paling tidak memiliki sebuah sistem. Sistem tersebut meliputi Inventory, Cataloging, Classification, Labeling, dan Repairing / Weeding. Kami mahasiswa jurusan informatika yang sedang mengikuti matakuliah Sistem Infomasi Perpustakaan berkesempatan untuk meninjau berbagai macam perpustakaan yang ada di sekitar Universitas Kristen Petra. Tepatnya, kami menemukan perpustakaan kecil yaitu di perpustakaan SD Kristen Eleos. Sekolah ini bertempat di Jl. Kutisari Indah Utara II / 59 Surabaya. Kami sudah beberapa kali meninjau atau mengadakan observasi ke tempat tersebut. Yang kami dapatkan adalah meskipun perpustakaan tersebut kecil tapi mereka sudah mengikuti sistem – sistem yang ada pada sebuah perpustakaan.
        Rumusan masalah :
1.        Kurangnya tenaga kerja di SD Kristen Eleos.
2.       Kurangnya perhatian yang khusus untuk menjaga perpustakaan.
3.       Belum adanya penomoran / pelabelan pada buku – buku.

       Pemecahan masalah yang dihadapi adalah, kami akan membantu untuk beberapa waktu di sana sehingga dapat membantu memberikan pelabelan pada buku – buku yang belum dilabelin dan juga kami akan sedikit membantu merenovasi / melakukan kegiatan yang menunjang perpustakaan agar terlihat menarik dan para siswa dapat nyaman membaca di perpustakaan.

E. Tujuan (What)

Uraian capaian yang menjadi tujuan/target program Service Learning: (contoh)
1.        Meningkatkan kepedulian siswa dan para guru untuk perpustakaan.
2.       Membuat siswa di sekolahan tersebut nyaman dengan perpustakaan yang mereka punya.

F. Hasil Yang Diharapkan (what)

Setiap kegiatan pasti akan menghasilkan sebuah hasil. Dalam kegiatan Service Learning ini, kami berharap bahwa SD Kristen Eleos akan selalu menjaga perpustakaan agar perpustakaan tersebut nyaman bagi siswa – siswa yang ingin membaca disana dan juga aga perpustakaan tersebut walaupun tempat dan fasilitas yang masih minim tetapi mereka dapat memenuhi kebutuhan siswa dalam hal koleksi buku. Karena kami rasa jaman sekarang pembelajaran secara metode visual lebih dapat membantu siswa – siswa Sekolah Dasar (SD) untuk belajar terutama dengan gambar. Adapun juga kami berharap, meskipun sekolahannya tidak sebagus sekolah – sekolah lain tetapi guru – guru yang berada di SD Kristen Eleos ini bisa menghargai tempat dimana mereka mengajar sekarang.

G. Lingkup Program Social Entrepreneurship
  1. Kelompok Sasaran  (who)
a.  Siswa SD
·         Jenis Kelamin
ü  Pria        : ± 20 orang
ü  Wanita                 : ± 20 orang
b. Guru
·         Jenis Kelamin
ü  Pria        : ± 5 orang
ü  Wanita                 : ± 5 orang

       2. Jenis Pemberdayaan secara specifik ( salah satu nilai LIGHT, daur ulang apa, ITCC terkait apa)
         
 Kegiatan ini termasuk pemberdayaan salah satu nilai LIGHT


H. Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi partisipatif Service Learning

1. Persiapan dan Pembekalan
a.       Mekanisme pelaksanaan kegiatan Service Learning :
·         Melakukan observasi
·         Merumuskan masalah yang ada
·         Mencari pemecahan masalah
·         Mengimplementasikan pemecahan masalah
b.       Materi Persiapan dan pembekalan Service Learning yang perlu diberikan kepada mahasiswa.
·         Dewey Decimal Classification
·         Library of Congress Classification System

2. Pelaksanaan
a. Langkah – langkah yang dilakukan demi menunjang tema yang diangkat :
·         Mengumpulkan buku – buku yang belum ada labelnya.
·         Mengelompokan buku – buku tersebut berdasarkan “Library of Congress Classification System”.
·         Memberikan label dengan metode “Dewey Decimal Classification”.
1)       Metode yang digunakan :
·         Library of Congress Classification
·         Dewey Decimal Classification

      3. Monitoring dan Evaluasi Program 
    Jelaskan mekanisme dan konsep, serta alat monitoring serta evaluasi pelaksanaan program Social  
    Entrepreneurship, untuk mengukur perkembangan dan melihat keberhasilan program.  

Contoh : alat ukur
No.
Program
Waktu Monitoring & Evaluasi
Indikator Keberhasilan yang akan diukur
Catatan Perkembangan kegiatan
Status akhir  hasil pemantauan dan keterangan




(Pengukuran dan pengamatan apa dan bagaimana dari komponen indikator keberhasilan yang dilakukan pada monitoring/evaluasi)
(tampilkan data hasil pengukuran & pengamatan)
dst.






I.    Rencana Keberlanjutan Program
       Rencana keberlanjutan progam yang akan kami rancangkan yaitu, meninjau perpustakaan SD Kristen Eleos 2 bulan 1 kali dengan tujuan memberikan follow up kepada pengurus SD Kristen Eleos itu perihal melestarikan kegiatan perpustakaan.

J.  Pembiayaan
Uraikan sumber dan jumlah dana yang digunakan, rencana pengeluaran, dan rincian pembiayaan (lampiran 1).



Lampiran 1. Rincian Pembiayaan  (contoh)

Uraian Kegiatan
NamaSatuan
Jumlah sat
(Rp)
Vol.
Jumlah
(Rupiah)
Kontribusi
Mahasiswa peserta
Fak/ Jur/ PS
Mitra Kerjasama
I. PERSIAPAN
1. pertemuan kelompok dan mentor







2. Sosialisasi ke masyarakat 
    pengguna program Social   Entrepreneurship







3. Persiapan perlengkapan  







4. persiapan rencana kerja







5. .........dst







SUB TOTAL I




II. PELAKSANAAN PROGRAM
   1.  Pembelian Alat Peraga dan pelaksanaan tema







2. Akomodasi mahasiswa







3...........dst







SUB TOTAL II




III. PELAPORAN

    1. Laporan Observasi








    2. Laporan Antara








    3. Laporan Akhir








SUB TOTAL III





TOTAL